Pengawal Terpapar Virus Corona, Kim Jong Un Sembunyi

Kim Jong Un Sembunyi

TOPMETRO.NEWS – Pengawalnya terpapar virus Corona, Kim Jong Un Sembunyi. Tampaknya klaim Korea Utara yang sesumbar nol kasus virus Korona sepertinya tak bisa dipercaya lagi. Faktanya pengawal serta staf Kim Jong Un dilaporkan terinfeksi. Hal itu pula yang membuat Kim Jong Un sembunyi alias menghindar untuk sementara waktu.

Kim Jong Un Sembunyi, Acara Penting Terlewatkan

Seperti diketahui, Kim Jong Un melewatkan acara terpenting di negara itu karena salah satu pengawal pribadinya diduga telah terinfeksi Covid-19.

Dugaan ini teori terbaru yang muncul saat klaim kondisi kesehatan Kim yang buruk usai menjalani operasi jantung.

Beberapa sumber media sebelumnya mengklaim sang diktator sudah meninggal. Atau mengatakan Kim dalam kondisi koma.

Namun, Korea Selatan meyakini Kim baik-baik saja dan masih hidup. Tak ada yang bisa memastikan karena negara itu begitu tertutup dan merahasiakan perihal pemimpin mereka.

Kim Jong Un Kirim Pesan

Di tengah spekulasi, surat kabar negara Korea Utara, Rodong Sinmun melaporkan Kim Jong Un telah mengirim pesan terima kasih khusus kepada para pengembang yang telah mengerjakan proyek pariwisata di resor tepi laut Wonsan.

Itu kota tempat kereta milik Kim terparkir lewat gambar satelit.

Sebuah sumber yang tidak disebutkan namanya di Tiongkok mengatakan kepada JoongAng Ilbo, sebuah surat kabar di Korea Selatan, bahwa Kim terpaksa melewatkan acara itu karena salah satu pengawalnya diduga terinfeksi Covid-19. Maka bisa saja Kim sengaja diungsikan untuk mengisolasi diri.

BACA ARTIKEL ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Masyarakat, NKRI Utuh Terjaga

Surat kabar Korea Selatan lainnya, Dong-A Ilbo, mengutip seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan Kim meninggalkan Pyongyang menuju sebuah kompleks peristirahatan di kota tepi laut Wonsan untuk menghindari virus Korona. Pejabat itu mengklaim beberapa pembantu Kim Jong Un dan pejabat tinggi telah terinfeksi Covid-19.

“Kim Jong Un terlihat berjalan sendiri antara tanggal 15 dan 20 April,” kata pejabat tersebut seperti dilansir dari Mirror, Senin (27/4/2020).

Selama pandemi Covid-19, sebagaimana dilaporkan JawaPos, Korea Utara bersikeras bahwa mereka tidak memiliki kasus Coronavirus.

Pemimpin Korea Masih Hidup

Bahkan hal itu sempat didukung oleh laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Media pemerintah terakhir melaporkan keberadaan Kim ketika dia mengawasi pertemuan Politbiro pada 11 April. Foto dirinya pada pertemuan itu diterbitkan pada hari berikutnya. Sejak itu, Kim Jong Un belum pernah terlihat lagi.

Penasihat kebijakan luar negeri untuk Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Moon Chung-in, mengatakan kepada CNN pada Minggu (26/4/2020) bahwa pemimpin Korea Utara itu masih hidup. “Kim Jong Un masih hidup dan sehat.

Dia tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi,” tegas Moon Chung-in.

BACA SELENGKAPNYA | Donald Trump: Saya Percaya Kim Jong-un

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebutkan, bahwa dirinya percaya terhadap Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Artinya, hanya butuh waktu lima jam bagi Donald Trump untuk mempercayai sosok Kim Jong-un, yang pernah ia juluki sebagai ‘Little Rocket Man’.

Meski awalnya terkesan menjaga jarak, pertemuan keduanya yang berlangsung sekitar pukul 09.00 hingga 14.00 waktu Singapura, Selasa 12 Juni 2018, berjalan dengan baik.

Mereka bersalaman, duduk bersama, mengadakan pertemuan, makan siang bareng, dan berjalan-jalan di taman Capella Hotel. Donald Trump bahkan memamerkan mobil kepresidenan ‘The Beast’ pada Kim Jong-un.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | JawaPos

Related posts

Leave a Comment